Friday, August 22, 2014

Misteri Iklan Kleenex

Iklan ini dulu sangat terkenal di Jepang pd tahun 1980-an. Digambarkan seorang perempuan berbaju putih & bocah laki-laki berpenampilan layaknya raksasa mungil (mengenakan kostum oni -setan Jepang-) yg duduk di atas jerani sambil memperkenalkan tissue produksi Kleenex. Tampaknya biasa, namun iklan itu rupanya membawa kutukan kematian.
Lagu iklan itu adalah lagu bahasa asing yg rupanya mirip dengan melodi lagu kuno Jerman dengan lirik 'Mati, mati, setiap orang dikutuk dan akan mati'. Sebagai jawaban, model iklan itu yakni Keiko Matsuzaka menjadi gila karena dianggap hamil anak iblis. Serta bocah di iklan itu meninggal misterius.
Kematian anak tersebut telah mengundang seribu satu persoalan terhadap iklan Kleenex yang benar-benar ‘memakan nyawa’ seperti yang pernah terjadi pada film Hollywood populer pada dekade tersebut, Poltergiest.
Tidak cukup di situ, iklan ini turut menghantui siapa saja yang melihat dan mendengarnya. Dikatakan bahawa nyanyian lagu dalam iklan tersebut mampu berubah seiring waktu. Kadangkala suara tersebut bersuara merdu, kadangkala bersuara garau dan kadangkala bersuara dengan nada yang menyeramkan. Biasanya, ini berlaku ketika iklan tersebut tersiar pada waktu malam hari. Penonton yang mendengar dan melihat iklan ini dengan suara yang menyeramkan dan garau, berarti iklan tersebut memberikan pertanda tidak baik kepadanya. 
Lagu yang mengiringi iklan ini dinyanyikan oleh Jane & Barton yang berjudul "It's a Fine Day". Menurut beberapa penggemar misteri dan konspirasi, lirik lagu ini diambil dari teluh agama paganisme etnik di Jerman jaman dahulu, walaupun lirik lagu sebenarnya berbahasa Inggris. Lirik tersebut adalah elemen utama yang menyebabkan Iklan Kleenex disumpah.
ini iklannya,

No comments:

Post a Comment